Zulfa.com untuk menemukan berbagai hal yang positif, tugas kuliah, dan di sertai dengan gambar tutorial, author:Zulfa Anggraini

Selasa, 23 Mei 2017

MAKALAH FUNGSI MANAJEMEN

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Manajemen sering didefinisikan sebagai "pencapaian tujuan melalui orang lain". Kedengarannya memang terlalu sederhana, akan tetapi memberi kita gambaran tentang beberapa hal mendasar. Yang pertama berkaitan dengan "pencapaian tujuan". Manajemen selalu berkaitan dengan sebuah usaha untuk mencapai tujuan tertentu dan bukan semata-mata sebuah posisi atau jabatan di dalam perusahaan. Banyak orang memiliki jabatan "manajer", akan tetapi dalam kenyataannya mereka hanya menjalankan kedudukan dan bukan mengarahkan sesuatu ke arah pencapaian tujuan yang tertentu. Pokok yang kedua adalah berkaitan dengan aspek "melalui orang lain".
Meskipun setiap manajer memang memiliki tugas-tugas khusus yang hanya bisa dilakukan olehnya, peran seorang manajer lebih didasarkan pada kenyataan bagaimana dia mengkoordinasi dan mengarahkan aktivitas-aktivitas bawahannya. Dalam arti ini, seorang manajer seharusnya lebih mementingkan pencapaian hasil dari para bawahannya daripada prestasinya sendiri. Sebab pencapaian hasil bersama itulah yang menentukan keberhasilan dari organisasi secara keseluruhan.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menjadi pembahasan pada makalah ini, yaitu :
1.    Bagaimanakah Pengertian Dari Manajemen ?
2.    Bagaimanakah Fungsi Manajemen Secara Umum, Dan  Menurut Beberapa Ahli ?

C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang manajemen dan fungsinya berdasarkan pendapat beberapa ahli yang ada.



BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Menurut Mary Parker Follet,  manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.[1]
Menurut Ricky W. Griffin : sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
1.    Manajemen sebagai suatu proses
2.    Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
3.    Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai ilmu pengetahuan (Science)

B.  Fungsi Manajemen (Management Functions)
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
Terdapat beberapa fungsi-fungsi manajemen yang dikemukakan para pakar. Fungsi-fungsi manajemen menurut beberapa para pakar adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan mengikuti suatu tahapan-tahapan tertentu dalam pelaksanaannya.[2]
Pendapat lain bahwa fungsi Manajemen ialah berbagai jenis tugas atau kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berikut ini fungsi – fungsi menurut empat ahli, yaitu[3] :
1.    Fungsi Manajemen Menurut The Liang Gie
Dalam melakukan pekerjaannya, menurut The Liang Gie (1983), para Manajer biasanya melakukan 6 (enam) pola perbuatan:
a.    Perencanaan atau Planning yaitu Menggambarkan di muka, hal-hal yang harus dikerjakan dan cara mengerjakannya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan.
b.    Pembuatan Keputusan atau Decision Making yaitu Melakukan pemilihan di antara pelbagai kemungkinan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan, pertentangan-pertentangan, dan keragu-raguan yang timbul dalam proses penyelenggaraan usaha kerjasama itu.
c.    Pembimbingan atau Directing yaitu Memerintah, menugaskan, memberi arah, dan menuntun bawahan untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.
d.   Pengkoordinasian atau Coordinating Yaitu Menghubungkan, menyatupadukan, dan menyelaraskan orang-orang dan pekerjaannya sehingga semuanya berlangsung secara tertib dan seirama menuju arah tercapainya tujuan tanpa terjadi kekacauan, percekcokan, kekembaran, atau kekosongan kerja.
e.    Pengendalian atau Controlling yaitu Memeriksa, mencocokkan, dan mengusahakan agar pekerjaan-pekerjaan terlaksana sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan hasil yang dikehendaki.
f.     Penyempurnaan atau Improving yaitu Memperbaiki kekurangan-kekurangan dan ketidaktepatan-ketidaktepatan yang timbul pada struktur organisasi dan tata kerja sewaktu berlangsungnya proses penyelenggaraan usaha kerja sama itu. Di dalam pelaksanaannya, perlu pimpinan yang tegas sebagaimana telah diterangkan. Tanpa pimpinan yang tegas, pembangunan tak akan berjalan dengan lancar.

2.    Fungsi Manajemen Menurut Hendry Fayol
Ada 5 fungsi Manajemen (PO3C), yang terdiri dari :
a.    Perencanaan (planning) berupa penentuan langkah-langkah yang memungkinkan organisasi mencapai tujuan-tujuannya.
b.    Pengorganisasian dan (organizing), dalam arti mobilisasi bahan materiil dan sumber daya manusia guna melaksanakan rencana.
c.    Memerintah (Commanding) dengan memberi arahan kepada karyawan agar dapat menunaikan tugas pekerjaan mereka.
d.   Pengkoordinasian (Coordinating) dengan memastikan sumber-sumber daya dan kegiatan organisasi berlangsung secara harmonis dalam mencapai tujuannya.
e.    Pengendalian (Controlling) dengan memantau rencana untuk membuktikan apakah rencana itu sudah dilaskanakan sebagaimana mestinya.

3.    Fungsi Manajemen Menurut George R. Terry
Fungsi Manajemen menurut Geroge Terry disingkat POAC. Terry mendefinisikan manajemen dalam bukunya Principles of Management yaitu “Suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demmi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”.
Dari definisi Terry itulah kita bisa melihat fungsi manajemen menurutnya. Berikut ini adalah fungsi manajemen menurut Terry:
a.    Perencanaan (planning) yaitu sebagai dasar pemikiran dari tujuan dan penyusunan langkah-langkah yang akan dipakai untuk mencapai tujuan. Merencanakan berarti mempersiapkan segala kebutuhan, memperhitungkan matang-matang apa saja yang menjadi kendala, dan merumuskan bentuk pelaksanaan kegiatan yang bermaksuud untuk mencapai tujuan.
b.    Pengorganisasian (organization) yaitu sebagai cara untuk mengumpulkan orang-orang dan menempatkan mereka menurut kemampuan dan keahliannya dalam pekerjaan yang sudah direncanakan.
c.    Penggerakan (actuating) yaitu untuk menggerakan organisasi agar berjalan sesuai dengan pembagian kerja masing-masing serta menggerakan seluruh sumber daya yang ada dalam organisasi agar pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan bisa berjalan sesuai rencana dan bisa memcapai tujuan.
d.   Pengawasan (controlling) yaitu untuk mengawasi apakah gerakan dari organisasi ini sudah sesuai dengan rencana atau belum. Serta mengawasi penggunaan sumber daya dalam organisasi agar bisa terpakai secara efektif dan efisien tanpa ada yang melenceng dari rencana.
Hakikat dari fungsi manajemen dari Terry adalah apa yang direncakan, itu yang akan dicapai. Maka itu fungsi perencanaan harus dilakukan sebaik mungkin agar dalam proses pelaksanaanya bisa berjalan dengan baik serta segala kekurangan bisa diatasi. Sebelum kita melakukan perencanaan, ada baiknya rumuskan dulu tujuan yang akan dicapai.
4.    Fungsi Manajemen Menurut James A.F. Stoner
Dalam buku “Manajemen” dari James A.F. Stoner Jilid 1 terbitan bahasa Indonesia, Stoner mengatakan bahwa “Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
Sekarang jelas bahwa fungsi manajemen menurut Stoner ada empat yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leading), dan pengendalian (Controlling). Kemudian Stoner merumuskan keempat fungsi manajemen itu sebagai berikut:
a.    Perencanaan (planning) menunjukan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum melaksanakannya. Kegiatan mereka biasanya berdasar suatu cara, rencana, atau logika, bukan asal tebak saja.
b.    Pengorganisasian (organization) berarti para manajer itu mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya bahan yang dimiliki organisasi. Sejauh mana efektifnya suatu organisasi tergantung pada kemampuannya untuk mengerahkan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuannya. Tentu saja, dengan makin terpadu dan makin terarahnya pekerjaan akan menghasilkan makin efektifnya organisasi. Mendapatkan koordinasi yang sedemikian itu adalah salah satu tugas manajer.
c.    Memimpin (to lead) menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya, menggunakan orang lain untuk melaksanakan tugas tertentu, Dengan menciptakan suasana tepat, mereka membantu bawahannya bekerja sebaik mungkin.
d.   Pengendalian (controlling) berarti para manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah tujuan. Apabila salah satu bagian dari organisasi menuju arah yang salah, para manajer berusaha untuk mencari sebabnya dan kemudian mengarahkannya kembali ke tujuan yang benar.













BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Manajemen sering didefinisikan sebagai "pencapaian tujuan melalui orang lain". Maksudnya adalah pertama berkaitan dengan "pencapaian tujuan". Manajemen selalu berkaitan dengan sebuah usaha untuk mencapai tujuan tertentu dan bukan semata-mata sebuah posisi atau jabatan di dalam perusahaan. Kedua adalah berkaitan dengan aspek "melalui orang lain". Sebagai sebuah aktivitas, manajemen selalu menyangkut orang-orang lain, yakni bawahan-bawahan; dan pada usaha untuk mengarahkan atau mengkoordinasi kerja dari orang-orang tersebut.
Secara umum fungsi – fungsi yang dijalankan manajemen adalah perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing dan staffing), pengarahan dan pengimplementasian (directing/leading) dan pengawasan atau pengendalian (controlling).
Pada pelaksanaannya, fungsi-fungsi manajemen yang dijalankan menurut tahapan tertentu akan sangat berbeda jika didasarkan pada fungsi operasionalnya. secara operasional, fungsi planning untuk sumber daya manusia akan berbeda dengan fungsi planning untuk sumber daya fisik/alam, dan sebagainya.
B.  Saran
Apabila kita memilih menjadi seorang yang bergerak dibidang manajemen, kita harus memahami betul-betul fungsi dari semua bagian dari sistem manajemen. Agar tidak terjadi kesalah-fahaman antara bagian satu dengan yang lainnya. Karena banyaknya pandangan mengenai fungsi-fungsi dasar manajemen, sebagai seorang manager suatu bisnis sebaiknya hanya mengikuti satu fungsi dasar saja sebagai alur yang akan kita pakai dalam bisnis tersebut agar tidak terjadi kesalah-fahaman antara bagian perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing dan staffing), pengarahan dan pengimplementasian (directing,/ leading) dan pengawasan atau pengendalian (controlling).
DAFTAR PUSTAKA
Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2012), hal. 22-23
Trisnawati Sule, Ernie, Pengantar Manajemen, (KEncana: Jakarta), hal. 8
                     http://tiararti.blogspot.com/2013/10/makalah-fungsi-manajemen_6623.html.Diakses pada tanggal 03 Oktober 2015






[1] Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2012), hal. 22-23
[2] Trisnawati Sule, Ernie, Pengantar Manajemen, (Kencana: Jakarta), hal. 8
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog